Headlines News :
Home » » Integrasi Budaya

Integrasi Budaya

Written By tony hiro on Senin, 02 April 2012 | 20.19

Setiap negara memiliki budaya negara, tiap masyarakat memiliki budaya masyarakat, tiap komunitas memiliki budayanya sendiri. Saat kita mengalami perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain, kita tidak mungkin bisa hidup nyaman tanpa melakukan adaptasi budaya, harus ada yang diubah dalam diri kita apabila mau hidup tenang di masyarakat yang baru. Begitu juga yang harus dilakukan oleh para imigran, termasuk buruh migrant.
Integrasi budaya ini sering disebut asimilasi budaya. Asimilasi budaya adalah proses yang teridi dari integrasi budaya dimana anggota dari sebuah etnis atau kebudayaan, seperti imigran, yang biasanya merupakan golongan minoritas, diterima dalam komunitas baru yang lebih besar. Proses asimilasi ini biasanya menyebabkan hilangnya beberapa karakteristik dari komunitas yang “terserap”. Proses asimilasi ini kadan dilakukan oleh para imigran secara sukarela karena dia merasa butuh dan memiliki jiwa perubahan serta kemauan untuk berubah, tetapi juga ada yang berasimilasi karena tekanan negara penerimanya, misalnya karena penjajahan atau karena tekanan etnis yang lebih besar.
Faktor paling utama dalam asimilasi adalah factor bahasa. Masalah utama dalam masuk ke suatu negara sebagai imigran, contohnya ke USA, adalah bukan di bagian imigrasinya, tapi di masalah bahasa dan budaya. Setiap orang yang pergi ke satu negara, minimal dia harus menguasai bahasanya. Itu merupakan syarat utama apabila anda mau diterima dalam sebuah kebudayaan yang baru.
Tempat atau komunitas dimana asimilasi itu terjadi biasa disebut melting pot, Melting pot adalah sebuah wadah (pot) yang berisi berbagai ras, budaya dan etnis yang bersatu padu sehingga menimbulkan sebuah persatuan multietnis yang berkembang. Salah satu negara yang disebut merupakan melting pot paling baik di dunia adalah USA dan Kanada. Mengenai multikulturalisme di kanada, anda dapat melihatnya di sini (Nanti dilink yah)
Beberapa contoh asimilasi adalah imigran meksiko yang pergi ke USA untuk mencari kerja. Di awal kedatangan mereka ke USA, mereka selalu ditolak dan dianggap mengganggu keberadaannya disana. Beberapa penyebab penolakana terhadap mereka adalah masalah bahasa dan mereka dianggap sebagai masyarakat kumuh oleh penduduk asli di USA. Tapi akhirnya mereka sekarang menjadi salah satu etnis yang unggul di USA.
Itu adalah contoh yang imigran yang berhasil. Contoh lain adalah etnis keturunan tionghoa yang berada di Indonesia. Mereka datang sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia. Para etnis keturunan tionghoa ini menjadi penguasa lahan ekonomi di Indonesia, hampir semua lahan ekonomi, sebelum tahun 1998, dikuasai oleh mereka. Tapi mereka kurang melebur dengan masyarakat asli pribumi Indonesia, akhirnya pada kerusuhan 1998, merekalah yang menjadi sasaran utama. Setelah itu, para imigran tionghoa ini memahami pentingnya integrasi budaya, jadi sekarang mereka sudah melebur dengan masyarakat pribumi dan akhirnya mereka saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
Jadi memang salah satu hal paling penting imigrasi adalah asimilasi budaya. Seorang imigran, harus dapat melebur dengan lingkungan barunya, terutama dalam hal bahasa dan budaya. Kebanyakan, seorang imigran yang dapat melebur dengan baik pada masyarakat barunya, tetapi tetap menunjukkan budaya aslinya, akan mendapat tempat yang baik di msyarakat dan menjadi mudah akrab karena dianggap unik. Bahkan asimilasi ini menjadikan timbulnya budaya-budaya baru, seperti kawasan China Town atau Little Arab di beberapa negara di dunia. Hal itu menjadikan keunikan sendiri, yaitu gabungan budaya asli yang kental disana, tapi sudah disesuaikan dengan kebudayaan negara yang ditinggali, jadilah sebuah kebudayaan baru yang menarik dan unik.


sumber :   http://library.thinkquest.org/07aug/00782/id/melting-pot.html#
artikel ini dilindungi oleh: DMCA.com
Share this article :

0 komentar:

Tell us what you're thinking... ! choose name or anonymous if you have not any account

Google+ Badge

Exit Temukan Kami di Facebook, terima kasih likenya

jam tangan kece

masukkan id e-mailmu:

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ilmu pengetahuan dan software - All Rights Reserved
Template by Creating Website Design by mixton2