Headlines News :
Home » » Alergi

Alergi

Written By tony hiro on Selasa, 07 Februari 2012 | 06.17

kemarin-kemarin saya terserang mual dan gatal setelah memakan udang. dan itu ternyata alergi.. (di hati kalian pasti bilang, "berani botak bulu idung GA NANYA!!!...ia kan.. hehehe).. tapi yang jadi penting adalah ilmu penjelasannya ok ... chack it out..

Tubuh dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap hal yang sama.
Sebagai contoh, anda dapat menikmati ikan tanpa masalah sedangkan teman anda akan merasakan sakit setelah menkonsumsi ikan atau teman anda akan bersin-bersin stelah berdekatan dengan kucing dll.
apa yang terjadi ?
kemungkinan teman anda memiliki kecenderungan alergi terhadap ikan atau kucing
alergi terjadi ketika tubuh memberikan respon yang berlebih terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak berbahaya bagi orang lain.

Apa yang terjadi selama alergi ?
sistem imun pada pasien alergi menganggap alergen sebagai senyawa yang berbahaya sehingga harus segera dieliminasi dari tubuh dengan menghasilkan antibody immunoglobulin E (lgE) untuk melawan alergen tersebut. dalam waktu bersamaan, sel mast (kelompok sel darah putih) akan berkembang dan lgE akan menyebabkan sel mast tersebut mengeluarkan histamin dan senyawa kimia-kimia lain yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan (respons alergi ).

Apa yang dimaksud dengan Alergen ?
Alergen merupakan senyawa penyebab alergi. alergen dapat memicu sistem imun bekerja berlebihan (lebay kali ya .. hahah). tipe alergen sangat beragam, sebagai contoh alergen pada seseorang dapat berupa sengatan lebah sedangakan pada orang lain alergen dapat berupa makanan seperti telur atau udang. beberapa alergen dapat menyebabkan kasus lebih banyak dibandingakan alergi lainnya.

Bagaimana Alergi tercetus?
alergi dapat berasal dari berbagai sumber. alergi timbul karena ada kontek dengan alergen. bisa saja melalui saluran pernafasan, makanan, suntikan, atau bisa juga tibul dari kontak kulit seperti kosmetik dll.

Mengapa seseorang memiliki alergi sedangkan orang lain tidak?
Alergi biasanya terjadi dalam suatu keluarga. alergi dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya (genetik). akan tetapi, pemeriksaan gen yang menyebabkan terjadinya alergi belum tersedia. seseorang yang memiliki kecenderungan memiliki alergi dikatakan memiiliki atopi atau bersifat atopic. individu atopic seringkali menghasilakn antibody lgE dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan individu yang tidak meiliki atopi. lgE dapat dihitung dengan melakukan pemeriksaan laboratorium.
artikel ini dilindungi oleh: DMCA.com
Share this article :

0 komentar:

Tell us what you're thinking... ! choose name or anonymous if you have not any account

Google+ Badge

Exit Temukan Kami di Facebook, terima kasih likenya

jam tangan kece

masukkan id e-mailmu:

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


 
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ilmu pengetahuan dan software - All Rights Reserved
Template by Creating Website Design by mixton2